Rabu, 07 Oktober 2015

Nama Nama Al Qur'an

Nama nama Al Qur'an

  Allah swt, memberi nama Kitab-Nya dengan Al Qur'an,dengan arti bacaan.
 Arti ini dapat kita lihat dalam surat Al Qiyaamah(75)ayat:17dan18 sebagaimana tersebut dihalaman awal.

    Nama ini diperkuat dengan ayat ayat yang terdapat dalam surat, Al Baqarah(2)ayat 85, surat Al Hijr(15)ayat 87, surat Al Israa(17)ayat 88,surat Thaaha(20)ayat 2,surat An Naml(27)ayat 6,surat Ahqaaf(46)ayat 29,surat Al Waqia'ah(56)ayat 27,surat Al Hasyr(59)ayat 21,dan surat Addahr(76)ayat 23.
      Menurut pengertian ayat ayat di atas,Al Qur'an itu dipakai sebagai nama bagi Kalam Allah.swt.yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad.saw.

   Selain Al Qur'an,Allah juga memberi beberapa nama lain bagi kitab-Nya,seperti:

1.   Al Kitab atau Kitaabullah: merupakan persamaan kata dari kata Al Qur'an,sebagaimana sebagaimana tersebut dalam surat Al Baqarah(2)ayat 2 yang artinya; "Kitab(Al Qur'an)ini tidak ada keraguan padanya,petunjuk baginya bagi yang bertakwa ". Dan tersebut juga di surat Al An'aam(6) ayat 114 yang artinya: "Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah,padahal Dialah yang menurunkan kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan......"

2.  Al Furqaan: "Al Furqaan" artinya Pembeda.
 Yang membedakan benar dan yang batil. Tersebut dalam surat Al Furqaan(25)ayat 1,yang artinya: "Maha Agung (Allah)yang telah menurunkan Al Furqaan,kepada hamba-Nya,agar ia menjadi peringatan kepada seluruh alam".

3.   Adz dzikir: artinya Peringatan. Sebagaimana tersebut dalam surat Al Hijr(15)ayat 9 yang artinya: "Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Adz dzikir dan sesungguhnya Kamilah penjaganya". Dan juga tersebut di surat An Nahl(16)ayat 44 yang artinya: "Dengan membawa keterangan keterangan (mu'jizat) dan kitab kitab.Dan kami turunkan kepadamu Adz dzikir(Al Qur'an) agar kamu menerangkan kepada......"

 Dari nama nama  tersebut,yang sering di gunakan ialah "Al Qur'an"
    Selain itu ada beberapa nama lagi bagi Al Qur'an, Dalam kitab Al Itqan Imam As Suyuthi menyebut nama nama Al Qur'an diantaranya: Al Mubiin, Al Kariim, An Nuur.

  Demikianlah nama nama Kitab Allah.swt.


"Membaca sambil menulis ulang adalah salah satu caraku belajar mengingat "


Tidak ada komentar:

Posting Komentar