Selasa, 06 Oktober 2015

Ayat Makkyyah dan Ayat Madaniyyah

Ayat ayat Makkyyah dan ayat ayat Madaniyyah

Ditinjau dari segi masa turunnya,maka Al Qur'an itu dibagi atas dua golongan:

1.   Ayat ayat yang diturunkan di Mekkah atau sebelum Nabi Muhammad saw.hijrah ke Madinah dinamakan ayat ayat Makkyyah.

2.   Ayat ayat yang diturunkan di Madinah atau sesudah Nabi Muhammad saw.hijrah ke Madinah dinamakan surat surat Madaniyyah.
   
 Ayat ayat Makkyyah meliputi 19/30 dari isi Al Qur'an terdiri atas 86 surat,Sedangkan ayat ayat Madaniyyah meliputi 11/30 dari isi Al Qur'an terdiri atas 28 surat.

Perbedaan ayat ayat Makkyyah dengan ayat ayat Madaniyyah ialah:

1. Ayat ayat Makkyyah pada umumnya pendek pendek(ijaz), sedang ayat ayat Madaniyyah panjang panjang(ithnab).
Surat Madaniyyah yang merupakan 11/30 dari isi Al Qur'an ayat ayatnya berjumlah 1.456, Sedang surat Makkyyah  yang merupakan 19/30 dari isi Al Qur'an jumlah ayat ayatnya 4.789 ayat.   Jus 28 seluruhnya Madaniyyah kecuali surat (60)Mumtahinah,ayat ayatnya berjumlah137, Sedang Juz 29 ialah Makkyyah kecuali surat(76) Addahr,ayat ayatnya berjumlah 431.
Surat An Anfaal dan surat Asy Syu'araa masing masing merupakan setengah juz tetapi yang pertama Madaniyyah dengan bilangan ayat sebanyak 75,Sedang yang kedua Makkyyah dengan ayat yang berjumlah 227.

2.  Dalam surat surat Madaniyyah terdapat perkataan "ya ayyuhalladzina aamanu" dan sedikit sekali perkataan "ya ayyuhannas" sedang dalam surat surat Makkyyah adalah sebaliknya.

3.   Ayat ayat Makkyyah pada umumnya mengandung hal hal yang berhubungan dengan keimanan,ancaman dan pahala,kisah kisah umat terdahulu yang mengandung budi pekerti.
Sedang ayat ayat Madaniyyah mengandung hukum hukum,baik yang berhubungan dengan hukum adat atau hukum hukum duniawi,hukum kemasyarakatan,hukum ketatanegaraan,hukum perang,hukum internasional,hukum antar agama dan lain lain.



(Untuk Mengingat Dan Menghafal,Salah Satu Caranya Dengan Menulis Ulang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar